Perbedaan Sikap Wanita dan Pria Saat Putus Cinta


Perbedaan Sikap Wanita dan Pria Saat Putus Cinta

Ketika berbicara soal perasaan, wanita dan pria katanya memiliki sikap yang berbeda dalam menghadapinya, terutama jika menyangkut perpisahan dalam hubungan asmara alias putus cinta. Apa saja perbedaan sikap yang ditunjukkan keduanya?

Sikap wanita dan pria saat putus cinta

penyebab pasangan posesif

Binghamton University telah melakukan survei terhadap 5.000 orang dari 96 negara yang berbeda tentang patah hati saat putus cinta. Hasilnya, para wanita lebih lama untuk selesai dengan masalah ini dibandingkan pria. 

Bila dibandingkan dengan wanita, wanita lebih banyak mengalami kehilangan daripada pria. 

Misalnya, ketika masa pendekatan berlangsung, para wanita cenderung memikirkan dengan matang-matang proses seleksi ini. Tanpa sadar, hal itu disebabkan karena mereka biasanya akan langsung merencanakan sebuah hubungan untuk komitmen yang cukup lama. 

Akibatnya, ketika putus hubungan, dunia terasa runtuh karena wanita jadi merasa tidak diinginkan oleh orang yang sudah mereka pilih. 

Akan tetapi, bukan berarti para pria tidak merasa sedih dan sakit hati ketika putus hubungan. Ketika putus cinta, pria biasanya memiliki sikap yang berbeda, termasuk cara mereka mengekspresikannya. 

Perbedaan sikap pria dan wanita saat putus cinta

putus dengan pacar

Seperti wanita, sikap pria saat menghadapi putus cinta juga emosional. Namun, amarah yang mereka rasakan biasanya turut berimbas pada kebiasaan yang merusak diri sendiri.

Misalnya, menjadi pemabuk ketika baru saja diputuskan oleh pasangannya atau memukuli diri sendiri dan tidak jarang orang lain juga terkena imbasnya. Saat putus, pria biasanya lebih senang melakukan aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari kesedihan. 

Di sisi lain, para wanita umumnya lebih sering merasa tertekan dan cenderung berbuat hal-hal yang melibatkan orang banyak di sekitarnya, seperti mencari alasan mengapa bisa berakhir. Tidak hanya itu, sikap wanita yang paling umum terjadi saat patah hati adalah mengandalkan teman dan keluarga untuk membantu mereka keluar dari keputusasaan ini. 

Walaupun pria terlihat lebih tidak peduli atau sikap wanita terkesan terlalu “menyedihkan”, hasil akhir yang didapat tetap bergantung pada setiap individu ketika putus cinta. 

Menceritakan masalah, ciri khas wanita saat putus

teman tidak suka pacar

Hampir semua wanita akan bercerita kepada teman atau keluarganya saat kisah asmara mereka berakhir. Pada beberapa kasus, metode ini berdampak positif karena membuat orang menjadi lebih paham dan menerima hal-hal menyakitkan yang terjadi pada mereka. 

Tidak seperti pria yang cenderung menyimpannya sendiri saat putus cinta, sikap ini juga dapat membuat para wanita menyadari kesalahan yang mereka lakukan dalam hubungan asmara. Bercerita soal putus juga bisa menjadi pembelajaran untuk hubungan asmara selanjutnya karena adanya banyak masukan. 

Misalnya, ketika berada di sebuah hubungan, komunikasi antara Anda dan pasangan tidak begitu baik. Anda adalah orang yang sulit membuka diri kepada orang lain, terutama pasangan. Akibatnya, Anda dan pasangan sulit memahami sehingga akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hubungan. 

Pada saat mengalaminya, Anda mungkin tak tahu di mana letak kesalahan hubungan itu, apakah dari Anda, pasangan, atau memang tidak jodoh saja. 

Ketika bercerita, orang di sekitar Anda mungkin bisa melihat masalahnya lebih objektif. Dengan begitu, Anda jadi tahu akar permasalahannya sehingga menjadikan Anda lebih kuat dan mudah untuk pulih dari rasa sakit hati. 

Pria lebih senang menyibukkan diri 

kecanduan game online main game online

Membuka diri dan mencari tahu apa yang salah dari hubungan mereka bukanlah kebiasaan yang dilakukan oleh hampir sebagian besar pria. 

Para pria cenderung menekan perasaan mereka dengan mendekati beberapa wanita atau berkumpul bersama teman-teman pria lainnya. Akan tetapi, bila mereka mendapatkan wanita yang menginginkan sebuah komitmen, tidak jarang para pria tersebut akan lari karena belum sepenuhnya pulih dari hubungan sebelumnya. 

Apa pun akan mereka lakukan untuk mengubur rasa sedih di dalam diri mereka. Mulai dari menyibukkan diri dengan pekerjaan hingga menemukan hobi-hobi baru. 

Walaupun dari luar terlihat bahagia, bukan berarti mereka benar-benar melupakan masa lalunya. Faktanya, para pria membutuhkan waktu yang lebih lama daripada wanita untuk move on sepenuhnya. Mereka hanya tidak mau menunjukkan perasaan sedih kepada orang lain, ataupun diri sendiri. 

Perbedaan sikap seorang wanita dan pria saat putus cinta adalah hal yang sangat wajar. Anda juga pasti pernah mengalaminya. Sikap yang mereka ambil bukan selalu menandakan bahwa mereka baik-baik saja saat harus mengakhiri hubungan dengan Anda. Itu hanyalah cara mereka menghadapi persoalan ini.

Baca Juga:

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: SEKS & ASMARA

DON'T MISS