Minum Pengganti Susu Sapi Bikin Anak Lebih Pendek?


Minum Pengganti Susu Sapi Bikin Anak Lebih Pendek?

Bagi anak yang memiliki intoleransi laktosa, kini sudah tersedia banyak alternatif pengganti susu hewani seperti susu kedelai, susu almond, dan susu kacang mete. Orang-orang yang ingin memenuhi kebutuhan minum susu tentunya tak perlu khawatir lagi akan hal ini, begitu juga saat memberikan asupan untuk anak.

Namun, anak yang rutin konsumsi minuman pengganti susu sapi malah memiliki tubuh yang lebih pendek. Benarkah demikian?

Anak yang minum pengganti susu sapi memiliki tubuh lebih pendek?

tinggi badan anak agar anak tumbuh tinggi

Minum susu sudah menjadi rutinitas yang harus masuk dalam pola makan anak sehari-hari jika ingin mendukung pertumbuhan badannya. Meski demikian, banyak orang tua juga memilih susu non-sapi seperti kedelai karena dipercaya lebih memiliki efek untuk kesehatan.

Sayangnya, susu pengganti sapi mengandung protein dan lemak yang lebih sedikit daripada susu biasa, terutama pada susu yang berbasis bahan nabati, kandungan kalsiumnya masih dipertanyakan.

Kedua jenis susu ini dapat memberikan dampak yang berbeda pada tinggi badan. Bahkan, anak-anak yang minum pengganti susu sapi malah lebih pendek dibandingkan anak yang minum susu sapi.

Hal ini terkuak dalam sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Kanada yang dilakukan pada sekitar 5.000 anak berusia tiga tahun.

tinggi anak balita pendek

Peneliti mengkaji data dari jawaban akan kuesioner yang telah diberikan pada peserta. Kuesioner berisi pertanyaan seputar banyaknya konsumsi susu non-sapi dan susu sapi dalam satu hari.

Selain itu, peneliti juga meninjau data dengan mempertimbangkan faktor fisik seperti jenis kelamin, nilai BMI, etnis, dan tinggi orang tua.

Setelah dilakukan pengamatan, hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi susu pengganti sapi sebanyak satu cangkir setiap harinya rata-rata memiliki ketinggian 0,4 cm lebih rendah jika dibandingkan dengan anak-anak yang minum susu sapi.

Lain lagi pada anak-anak yang mengonsumsi tiga cangkir susu pengganti sapi, perbedaannya semakin jauh dengan rata-rata 1,5 cm lebih pendek.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

kebutuhan protein anak

Sesungguhnya, belum ditemukan secara pasti apa efek dari susu alternatif sendiri untuk tinggi badan. Namun, hasil ini dipercaya memiliki pengaruh dari kandungan nutrisi yang ada dari kedua susu.

Susu nabati yang tidak difortifikasi tidak menyediakan energi, protein, vitamin, dan mineral yang sama dengan yang ditemukan dalam susu sapi.

Salah satunya, jika dua cangkir susu sapi mengandung sebanyak 16 gram protein, dua cangkir susu almond hanya mengandung 4 gram protein.

Susu sapi sudah bisa memenuhi sekitar 70% dari kebutuhan protein harian untuk anak-anak umur tiga tahun, sedangkan susu almond dalam porsi yang sama hanya memenuhi sekitar 25% dari seluruh kebutuhan tersebut.

Perlu diketahui, semua sel dan jaringan di dalam tubuh mengandung protein. Protein merupakan senyawa yang terbanyak kedua dalam tubuh setelah air. Oleh karena itulah protein menjadi salah satu faktor yang paling penting bagi pertumbuhan tubuh si kecil.

Asupan lainnya untuk mendukung pertumbuhan tubuh

makanan tinggi kalsium

Memang, sesungguhnya anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan lebih disarankan untuk minum susu sapi dibandingkan dengan susu produk lainnya.

Namun, tak semua anak bisa minum susu sapi. Ada yang tak suka dengan rasanya, ada pula yang menunjukkan reaksi alergi atau memiliki kondisi intoleransi laktosa anak.

Jika Anda khawatir tubuh anak jadi lebih pendek daripada teman-teman seusianya, pilihlah susu pengganti sapi seperti susu kedelai terfortifikasi, yaitu susu yang sudah diberi tambahan zat gizi lainnya.

Susu kedelai terfortifikasi memiliki kandungan kalsium, vitamin D, dan protein yang hampir menyerupai susu sapi.

Beberapa makanan termasuk sayur-sayuran berdaun hijau seperti brokoli, daun kale, dan bok choy juga tinggi akan kandungan kalsium. Dalam penyajian 125 gram bok choy, terdapat kandungan kalsium sebanyak 160 mg.

Ikan berlemak seperti sarden dan salmon juga tinggi kalsium dan vitamin D. Tak hanya mendapatkan dua gizi tersebut, anak juga akan mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang tentunya juga baik untuk perkembangan tulang.

Menurut studi, anak yang meminum pengganti susu sapi memang memiliki tubuh lebih pendek ketimbang yang meminum susu sapi. Hanya saja, diharapkan anak dapat tetap tumbuh bila diberi asupan lain yang tinggi protein.

Baca Juga:

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: PENDIDIKAN SEKS

DON'T MISS