6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-Paru


6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru adalah organ vital tubuh yang harus dijaga dan tidak boleh disia-siakan. Bagaimana tidak, paru-parulah yang membuat Anda tetap bernapas dan hidup. Namun, Anda mungkin kerap kali melupakan peran penting tersebut dan mengabaikan kesehatannya. Meski, paru memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan diri, Anda juga bisa membantu dengan mengikuti beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru. Apa saja? 

Bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru?

Dirangkum dari situs American Lung Association, cara-cara sederhana ini mungkin dapat membantu Anda menjaga paru-paru agar tetap sehat:

1. Jangan merokok

cara berhenti merokok

Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), yang termasuk bronkitis kronis serta emfisema. Asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan mempersulit Anda bernapas.  

Ketika saluran udara menyempit, Anda akan mengalami peradangan kronis atau pembengkakan di paru-paru yang dapat menyebabkan bronkitis kronis. Seiring dengan berjalannya waktu, rokok dapat menghancurkan jaringan paru-paru dan dapat memicu perubahan yang berkembang menjadi kanker. 

Selain itu, dikutip dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, CDC, rokok dapat memperburuk kondisi Anda jika mengidap asma. Perokok disebut punya peluang 12-13 kali lebih tinggi untuk meninggal akibat PPOK daripada mereka yang bukan perokok. 

Dengan melihat alasan di atas, Anda tentu dapat mengambil kesimpulan bahwa cara pertama menjaga kesehatan paru-paru adalah menghindari rokok. Jika sudah telanjur menjadi perokok, tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Anda dapat mencari dukungan ke orang terdekat atau tenaga profesional untuk melepaskan Anda dari jerat rokok. 

tips berhenti merokok

2. Hindari terkena polutan di dalam ruangan

Cara menjaga paru-paru agar tetap sehat berikutnya adalah dengan menghindari segala polutan di dalam ruangan yang berpotensi merusak paru-paru Anda. Menjadi perokok pasif, terkena polusi di rumah atau tempat kerja, atau terpapar radon (bahan kimia radiokatif) dapat membuat penyakit paru-paru semakin buruk. 

Oleh karena itu, selalu pastikan untuk menjaga rumah, ruangan kerja, hingga mobil Anda bebas dari asap rokok. Pastikan juga rumah Anda bebas dari radon. 

Selain itu, hindari berolahraga di luar ruangan ketika udara di sekitar wilayah tersebut buruk. Tak lupa, segera diskusikan dengan ahli kesehatan jika Anda merasa khawatir ada sesuatu di rumah, ruangan kerja, atau mobil yang dapat mengganggu kesehatan Anda. 

3. Kurangi terkena polusi di luar ruangan

Dampak dari polusi udara pada masyarakat

Ingatlah bahwa udara di luar ruangan tidak selalu baik untuk kesehatan paru-paru Anda. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda adalah dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan jika udaranya sedang tidak bagus. 

Selain itu, Anda juga dapat mempelajari bagaimana perubahan iklim dan bencana alam dapat menurunkan kesehatan paru-paru Anda. Dengan mengetahui tentang pengaruh udara terhadap kesehatan paru-paru, Anda mungkin dapat dengan mudah melakukan cara yang menjaga kesehatan Anda sekeluarga secara keseluruhan. 

4. Mencegah infeksi saluran napas

Infeksi pernapasan bisa menjadi kondisi yang sangat serius. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga untuk mencegah infeksi:

Cuci tangan Anda dengan sabun dan air
Hindari kerumunan saat musim pilek dan flu
Sikat gigi Anda paling tidak dua kali sehari dan kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali
Lakukan vaksinasi influenza setiap tahun. Anda mungkin juga perlu berdiskusi mengenai vaksinasi pneumonia yang tepat untuk Anda
Jika sakit, tetaplah di rumah sampai Anda merasa lebih baik. Hal ini akan membantu mencegah penularan

5. Periksakan diri Anda secara rutin ke dokter

Cara menjaga kesehatan paru-paru selanjutnya adalah memeriksakan kesehatan Anda secara rutin ke dokter, khususnya ketika Anda merasa tidak sehat. Hal ini penting untuk diingat karena penyakit paru-paru sering kali tidak terdeteksi sampai penyakitnya parah. 

6. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda. Hal ni berlaku untuk semua orang, tak terbatas usia atau keterbatasan fisik. Latihan aerobik bisa menjadi salah satu pilihannya.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, latihan aerobik memang tidak dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Namun, olahraga ini bisa membantu membantu meningkatkan kapasitas paru-paru (kemampuan paru-paru menampung oksigen yang Anda hirup sekali bernapas). 

Keenam langkah di atas tergolong sederhana dan mudah untuk Anda lakukan. Selalu ingat bahwa menjaga kesehatan paru-paru juga merupakan cara mempertahankan kualitas hidup yang baik untuk Anda dan keluarga. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: SEKS & ASMARA

DON'T MISS