11 Obat Tradisional untuk Mengatasi Radang Paru-Paru


11 Obat Tradisional untuk Mengatasi Radang Paru-Paru

Pneumonia atau radang paru-paru adalah penyakit infeksi yang menyerang paru-paru dan menyebabkan kantung udara di dalam paru (alveolus) meradang dan membengkak. Pneumonia bisa diobati dengan pengobatan rumahan dan pengobatan medis. Berbagai obat tradisional juga tersedia untuk menangani gejala yang muncul akibat radang paru-paru, seperti batuk, napas pendek, hingga demam. Simak ulasan tentang obat tradisional radang paru-paru di bawah ini.

Apa saja obat tradisional untuk radang paru-paru?

Pengobatan pneumonia dilakukan untuk mengatasi infeksi dan mencegah komplikasi akibat radang paru-paru. Orang yang menderita pneumonia yang didapat dari masyarakat (community-acquired pneumonia)  biasanya dapat dirawat di rumah dengan obat-obatan. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda membutuhkan perawatan di rumah sakit. 

Obat tradisional mungkin tidak bisa menyembuhkan radang paru-paru, tetapi bisa mengurangi rasa tidak nyaman dari gejalanya. Anda mungkin bisa mengkombinasikan obat-obatan dari dokter dengan pengobatan alami pneumonia lain, termasuk obat-obatan herbal yang akan dibahas di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

1. Air garam

air garam untuk jerawat

Radang paru-paru biasanya menyebabkan batuk yang bertahan hingga 24 jam selama berhari-hari. Anda dapat mengatasi gejala radang paru-paru itu dengan obat herbal berupa air garam yang dikumur.

Cara membuat air garam adalah dengan melarutkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam pada segelas air hangat. Namun, menurut Mayo Clinic, anak-anak berusia di bawah 6 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi obat alami radang paru-paru ini.

2. Jahe

Jahe banyak digunakan untuk meringankan berbagai penyakit, termasuk gangguan pencernaan, mual, muntah, batuk, pilek, hingga masalah pernapasan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan US National Library of Medicine, jahe segar efektif melawan virus yang menyerang saluran pernapasan.

Jahe juga terbukti memiliki sifat anti-peradangan yang berguna untuk mengurangi rasa sakit. Rempah-rempah tersebut dapat menjadi obat tradisional nyeri dada yang disebabkan oleh radang paru-paru.

Anda bisa mengambil manfaat dari jahe dengan mengunyahnya langsung atau melarutkannya dalam segelas air hangat. Larutan jahe tersebut dapat diminum tiga hingga empat kali sehari.

3. Cabai rawit

Dalam jurnal yang diterbitkan International Journal of Pharmaceutical Science Invention, cabai rawit atau cabai merah dapat mengurangi nyeri dada karena batuk yang terus menerus. Cabai dapat menjadi obat tradisional untuk meredakan nyeri dada sebagai gejala radang paru-paru.

Anda dapat membuat sirup obat batuk alami dengan cara berikut ini:

Campurkan cabai rawit dan jahe tumbuk, masing-masing 1/4 sendok teh
Tambahkan madu dan cuka sari apel, masing-masing 1 sendok makan
Aduk dengan dua sendok makan air

Anda dapat minum sirup buatan tersebut sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Namun, perlu diingat, penderita pneumonia sebaiknya tidak mengobati batuk secara keseluruhan. Hal ini karena batuk dapat membantu melonggarkan sumbatan lendir dan membantu membersihkan infeksi.

4. Madu

Madu untuk obat batuk alami

Madu dipercaya sebagai obat yang lebih manjur daripada obat-obatan bebas yang mengandung dekstrometorfan, penekan batuk. Minum teh atau air lemon hangat yang dicampur dengan madu dapat bermanfaat sebagai obat tradisional untuk meredakan batuk yang tak kunjung berhenti akibat radang paru-paru. 

Anda dapat minum madu sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mengonsumsi satu sendok teh madu saat perut kosong juga bisa bermanfaat untuk membersihkan lendir dan menenangkan tenggorokan. 

5. Daun peppermint

daun mint

Daun peppermint dikenal sebagai herbal dengan banyak khasiat. Asian Pacific Journal of Tropical Bionedicine menyebutkan bahwa minyak peppermint bermanfaat sebagai antiinflamasi, analgesik, antiinfeksi, antimikroba, antiseptik, hingga antispasmodik. 

Minyak peppermint bermanfaat sebagai obat tradisional yang mengurangi gejala sakit kepala akibat radang paru-paru. Minyak herbal tersebut juga dapat meringankan infeksi bakteri, jamur, atau virus jika dihirup atau diaplikasikan dalam bentuk uap. 

Selain itu, Anda juga bisa mengambil manfaat dari daun peppermint dengan membuat larutannya bersama teh hangat. Itu bisa membantu melegakan pernapasan Anda. 

6. Thyme

manfaat thyme

Thyme dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit pernapasan. Daun thyme yang diekstraksi dapat membantu meredakan batuk. Daunnya yang mengandung flavonoid dapat membuat otot-otot tenggorokan rileks dan mengurangi peradangan. 

Berikut cara membuat teh thyme sebagai obat tradisional gejala terkait pernapasan akibat radang paru-paru: 

Siapkan 2 sendok teh daun thyme yang dihancurkan
Larutkan daun thyme dalam satu cangkir air mendidih
Tutup cangkir selama 10 menit

Thyme dapat membuka saluran udara dan membuat rasa tidak nyaman akibat batuk terus-menerus menghilang. 

7.  Kunyit

kunyit untuk radang tenggorokan

Kunyit dapat menjadi obat herbal yang mengurangi ketidaknyamanan batuk kering akibat pneumonia virus. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil manfaat dari kunyit:

Campuran kunyit, lada hitam, dan kayu manis

Anda dapat membuat larutan obat tradisional untuk mengatasi gejala radang paru-paru dengan membuat campuran seperti di bawah ini:

Campurkan bubuk kunyit dengan lada hitam, masing-masing satu sendok teh
Rebus campuran bubuk kunyit dan lada hitam dengan setengah cangkir air
Tambahkan satu tongkat kayu manis dan satu sendok madu
Minum setiap hari sampai Anda merasa nyaman

Teh herbal

Selain mencampurkannya dengan lada hitam dan kayu manis, kunyit juga bisa disajikan dalam bentuk campuran lainnya. Berikut cara membuatnya:

Siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam secangkir air
Tambahkan 1 sendok teh biji carom
Rebus campuran tersebut sampai air berkurang menjadi setengah cangkir
Tambahkan madu
Minum larutan tersebut 2-3 kali sehari

Kunyit bubuk

Anda juga bisa mengambil manfaat kunyit dengan cara lain, yaitu dengan menumbuknya. Berikut pilihan untuk menyajikan kunyit bubuk:

Panggang akar kunyit dan menggilingnya menjadi bubu halus
Campur dengan air dan madu
Minum cairan tersebut dua kali sehari

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan setengah sendok teh ke dalam segelas susu panas. Minumlah campuran tersebut untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat batuk. 

Bubuk kunyit juga bisa digunakan sebagai obat kumur tradisional untuk mengatasi batuk akibat radang paru-paru. Berikut adalah cara membuat obat kumur kunyit:

Siapkan satu cangkir air panas
Masukkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit
Tambahkan 1/2 sendok teh garam
Kumur dengan larutan tersebut untuk meredakan batuk

Asap kunyit bakar

Menghirup asap pembakaran kunyit juga disebut efektif untuk mengatasi batuk. Cara membuatnya adalah dengan mengambil kunyit kering, membakarnya, dan menghirup asapnya. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah:

Tempatkan beberapa arang merah panas di sebuah pot kecil 
Tambahkan beberapa daun kunyit kering di atas arang 
Tambahkan 1 sendok bubuk kunyit di atas daun
Tiup perlahan untuk menyalakan asap
Hirup asap yang dipancarkan

8. Fenugreek

fenugreek

Biji fenugreek dapat membantu memecah lendir. Teh yang terbuat dari biji fenugreek dapat menjadi obat tradisional untuk meredakan batuk yang tidak kunjung hilang akibat radang paru-paru. 

Biji fenugreek memiliki sifat obat, seperti hiperkolesterolemia, bantuan laktasi, antibakteri, stimulan lambung, hingga antidiabetik. 

9. Tea tree

tea tree oil

Minyak tea tree yang digunakan dengan cara dihirup juga bisa dijadikan obat tradisional untuk meringankan gejala radang paru-paru. Tea tree mengandung efek antibakteri dan antijamur, serta dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh dari penyakit. 

Aromaterapi tea tree dapat digunakan dengan campuran lemon, permen karet, clary sage, eucalyptus, lavender, rosemary, hingga jahe untuk mengatasi masalah pernapasan. 

10. Lemon

minum air lemon

Lemon dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat batuk yang tidak kunjung mereda sebagai gejala radang paru-paru. Lemon dapat mengurangi peradangan dan mengandung vitamin C yang dapat menangkal infeksi. 

Berikut adalah cara membuat obat herbal untuk mengatasi gejala radang paru-paru dengan campuran lemon:

Siapkan air lemon 
Tambahkan dengan 1 sendok makan madu
Minum sirup tersebut beberapa kali sehari

Cara lain untuk mengambil manfaat lemon adalah mencampurnya dengan merica dan langsung meminumnya. 

11. Bawang merah

manfaat bawang merah

Bawang merah adalah obat tradisional yang dapat meredakan gejala radang paru-paru sederhana. Cairan obat batuk tradisional dapat dibuat dari perasan bawang merah panggang dan madu. 

Anda dapat minum setiap hari untuk menghilangkan batuh kering akibat pneumonia. Pilihan lainnnya adalah:

Siapkan 1 1/2 sendok teh bawang 
Tambahkan satu sendok teh madu murni
Minum campuran ini setidaknya dua kali sehari untuk meredakan batuk dan menenangkan tenggorokan

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat tradisional untuk radang paru-paru di atas, sebaiknya Anda berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu. Perawatan khusus tergantung pada jenis dan tingkat keparahan pneumonia Anda, usia, serta kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Baca Juga:

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: SEKS & ASMARA

DON'T MISS